Pernahkah Anda menunda-nunda pekerjaan Anda ?. Saya rasa setiap orang
pasti pernah melakukan hal tersebut. Saat saya masih tercatat sebagai
salah satu mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di
Yogyakarta, saya sering menunda-nunda tugas-tugas perkuliahan saya.
Bahkan saat skripsi pun saya sempat menunda dalam mengerjakannya.
Ternyata kebiasaan tersebut sangatlah memberikan efek negatif dalam
hidup saya. Selain pekerjaan yang menumpuk, dampak yang menurut saya
paling buruk adalah hal tersebut menjadi kebiasaan yang susah
dihilangkan bahkan sampai saat ketika saya mulai bekerja.
Lewat sedikit tulisan dari saya ini, saya ingin mengingatkan pada kita
semua agar tidak menunda-nunda pekerjaan. Ketika hal itu terjadi dan
telah menjadi kebiasaan dalam diri kita maka saat kita memasuki dunia
kerja hal tetsebut akan membuat pekerjaan kita jadi berantakan.
Akibatnya prestasi kerja kita pun menjadi tidak memuaskan. Hal ini
sempat terjadi pada diri Saya, dan saya tidak ingin hal yang sama
terjadi pada orang lain.
Lalu apa yang harus kita lakukan agar hal tersebut tidak terjadi ?.
Sebenarnya menunda pekerjaan sangatlah erat hubungannya dengan rasa
malas. Bahkan bisa dikatakan bahwa orang yang suka menunda pekerjaan
adalah seorang pemalas. Sifat seperti ini terkadang terjadi karena kita
merasa bahwa pekerjaan yang ada, mudah untuk dikerjakan dan bisa
diselesaikan dalam waktu singkat. Nah, disinilah kesalahan fatal yang
akan membuat kita menjadi terbiasa dengan menunda pekerjaan. Yang harus
kita lakukan adalah selalu berfikir bahwa pekerjaan semudah apapun itu
haruslah segera dikerjakan dan diselesaikan. Jangan merasa karena
pekerjaan itu mudah maka kita menunda pekerjaan tersebut. Sekecil dan
semudah apapun suatu pekerjaan jika hanya kita biarkan tidak akan pernah
terselesaikan. Dan apabila kita menundanya lantas ada pekerjaan lain
yang muncul hingga pada akhirnya bertumpuk maka pekerjaan yang tadinya
harusnya mudah dikerjakan akan menjadi sulit dikerjakan dan akan
membutuhkan waktu yang lama untuk diselesaikan karena kwantitas
pekerjaan tersebut bertambah.
Selain itu yang bisa membuat kita terbiasa menunda pekerjaan adalah
tidak adanya jadwal serta target yang jelas. Jadwal dan target yang
jelas sangatlah penting untuk mengelola waktu kita. Dengan adanya target
dan jadwal yang jelas maka kita akan tahu kapan waktunya untuk kita
bersantai dan kapan waktunya kita untuk bekerja mencapai target
tersebut. Saya sarankan untuk menulis jadwal dan target kita dengan
jelas. Karena jika kita tidak menuliskannya dan hanya kita simpan
dimemori kita, saya yakin semua itu tidak akan bertahan lama. Dengan
adanya jadwal dan target yang jelas Insyaalah kita akan dapat bekerja
dengan baik dan teratur.
Yang terakhir yang perlu saya sampaikan adalah biasakan semua itu dari
dini. Jika masih sekolah maka biasakanlah untuk mengerjakan tugas
sekolah dengan secepatnya dan jangan menundanya. Jika kita tidak belajar
dari sekarang dan menunggu sampai kita bekerja untuk melakukannya maka
hal tersebut akan susah untuk dilaksanakan. Oleh karena itu mulailah
dari sekarang juga dan jangan ditunda lagi.
Itulah sedikit tulisan dari saya hari ini. Semoga sedikit yang saya beri
tersebut bermanfaat buat kita semua. Dan jika artikel ini membantu,
bermanfaat dan layak untuk dibaca orang lain, silahkan share artikel ini
ke sahabat, keluarga, saudara atau bahkan orang yang belum Anda kenal.
Dan jangan lupa tinggalkan like FB serta komentar dibawah ini. Semoga
yang membaca artikel ini selalu diberikan berkah oleh Allah SWT. Aamiin
No comments:
Post a Comment